Apa itu Drainase Perkotaan? Kenapa Penting?

Apa itu Drainase Perkotaan?

Banyak daerah di Indonesia sangat rawan terhadap kelebihan air yang berakibat terjadinya banjir, terlebih di kawasan perkotaaan. Tentu banyak pula faktor penyebab permasalahan tersebut, salah satunya yakni karena tidak optimalnya drainase perkotaan. Jika drainase sendiri dapat diartikan sebagai sistem penyaluran air. Lantas, apa itu drainase perkotaan? Dan apa pentingnya bagi kawasan perkotaan ini?

Apa itu drainase perkotaan?

Sistem drainase perkotaan adalah sebuah prasarana wilayah perkotaan yang berupa kumpulan sistem saluran air. Pembangunannya bertujuan untuk mengeringkan/ mengelola/ mengendalikan/ air permukaan (air hujan dan limbah cair). Sehingga tidak menimbulkan genangan yang dapat mengganggu dan merugikan masyarakat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama. Bahwa pertumbuhan penduduk yang cepat hingga terbentuk kepadatan penduduk dapat menjadi alasan terhadap perubahan lahan terbuka maupun lahan basah menjadi lahan terbangun untuk kebutuhan perumahan, kawasan industri/ jasa dan fasilitas pendukungnya.

Sayangnya, pembangunan kawasan terbangun yang sangat pesat sering tidak terkendali. Serta tidak sesuai lagi dengan tata ruang maupun konsep pembangunan berkelanjutan. Daerah tanah resapan air semakin berkurang, bahkan banyak kawasan-kawasan rendah dan bantaran sungai yang semula dan seharusnya menjadi tempat penampungan air justru berubah menjadi tempat hunian penduduk. Sementara itu curah hujan setiap tahunnya terus meningkat sehingga potensi banjir di kawasan perkotaan tiap tahunnya pun kian bertambah karena penurunan fungsi lingkungan. 

Fungsi & manfaat drainase perkotaan

  • Mengatur dan mengalirkan air limbah untuk mencegah pencemaran air tanah oleh buangan limbah cair.
  • Mengalirkan air hujan dari permukaan jalan ke saluran drainase, sungai, atau badan air lainnya dengan membangun fasilitas drainase jalan seperti bak kontrol, manhole cover jalan, grill tangkapan air jalan, street inlet, dll agar tidak terjadi genangan yang dapat mengganggu lalu lintas.
  • Meminimalisir kerusakan jalan dan bangunan yang ada di perkotaan. Ataupun di lingkup rumah yang diakibatkan dari genangan air dan erosi tanah.
  • Meningkatkan kualitas hidup penduduk wilayah perkotaan menjadi lebih baik. Ini tercipta sebagai dampak pengendalian air yang baik, tidak adanya genangan air/ banjir, dan pembuangan limbah cair yang teratur.

Dari uraian singkat diatas, tentu dapat diketahui bahwa kebutuhan drainase perkotaan sangatlah penting. Meski drainase perkotaan bukanlah satu-satunya metode untuk mengatasi banjir namun kondisi sistem drainase yang baik sangat berkontribusi dalam mengurangi dampak buruk akibat kelebihan air pada permukaan tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami