Apa itu Sanimas? Kenapa Penting dalam Pemukiman?

Apa itu Sanimas? Kenapa Penting dalam Pemukiman?

Sanitasi merupakan hal yang sangat penting demi peningkatan kesehatan, kelangsungan hidup manusia, dan pembangunan. Lingkungan yang sanitasinya buruk dapat menjadi sumber berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan. Jika kesehatan terganggu maka pada akhirnya kesejahteraan juga akan berkurang. Oleh karenanya telah menjadi tantangan tersendiri bagi banyak negara termasuk Indonesia untuk menyediakan sanitasi yang memadai untuk seluruh penduduknya.

Sanitasi dalam bentuk dasar dapat digambarkan sebagai kemudahan akses masyarakat ke fasilitas pembuangan limbah manusia (tinja dan urin) yang aman. Selain itu juga mencakup kemampuan untuk menjaga kondisi higienis, melalui layanan seperti pengumpulan sampah, pengelolaan limbah industri, serta pengolahan dan pembuangan air limbah. Sebagai salah satu upaya perwujudannya, Pemerintah Pusat bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota pun melaksanakan program Sanimas.

Apa itu sanimas?

Sanimas merupakan akronim dari Sanitasi Berbasis Masyarakat, yaitu suatu program untuk menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan air limbah bagi masyarakat. Yang jadi penekanan, program ini melibatkan andil masyarakat secara utuh sejak tahap perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai dengan pengelolaan sarananya. Tujuannya, untuk menumbuhkan rasa memiliki serta tanggung jawab kepada masyarakat terhadap fasilitas sanitasi yang telah dibangun. Dengan begitu masyarakat pun secara otomatis akan menjaga dan mengelola fasilitas tersebut dengan sebaik mungkin untuk bisa mendapatkan nilai manfaat yang berkelanjutan.

Pentingnya Sanimas untuk pemukiman warga

Adapun yang menjadi penerima manfaat dari program Sanimas adalah kawasan padat kumuh miskin (PAKUMIS) perkotaan dan semi perkotaan. Kenapa Sanimas menjadi hal yang penting dalam pemukiman? Karena Sanimas membawa berbagai manfaat bagi masyarakat yang menjadi sasaran program ini, antara lain:

  • Kualitas lingkungan permukiman meningkat, karena kebersihan lebih terjaga.
  • Derajat kesehatan masyarakat meningkat sehingga kualitas kehidupan dapat tercapai.
  • Masalah kesehatan yang yang dapat muncul dari kebiasaan masyarakat yang BABS (Buang Air Besar Sembarangan), pembuangan air limbah serta septic tank yang langsung ke drainase dan membuang sampah tidak pada tempatnya dapat terminimalisir.
  • Kemungkinan terjadinya polusi udara yang disebabkan oleh bau tidak sedap limbah dapat dihindari.
  • Ancaman bencana banjir dapat lebih terminimalisir.

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu Sanimas dan manfaat bagi masyarakat di pemukiman padat perkotaan. Semoga bermanfaat dalam menambah khasanah pengetahuan di bidang sanitasi lingkungan hidup.

*Untuk kebutuhan manhole cover penunjang fasilitas Sanimas hubungi kontak Fatma Karya Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami