Cara Memilih Lampu Outdoor untuk Taman

Cara Memilih Lampu Outdoor untuk Taman

Lampu outdoor merupakan komponen penerangan area luar ruangan yang biasa digunakan untuk taman. Baik itu taman hunian, taman kafe/ restoran, taman hotel, maupun taman kota. Selain itu, juga bisa ditempatkan pada lorong maupun selasar jika suatu bangunan memiliki beberapa bagian yang terpisah. Lampu outdoor ini sudah menjadi bagian integral dari pencahayaan eksterior. Fungsinya tidak hanya menerangi dan menciptakan suasana yang indah dan bercahaya di luar ruangan, tetapi juga memberikan keamanan lingkungan sekitarnya.

Sayangnya menemukan pencahayaan eksterior terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, bisa menjadi tugas yang sulit jika anda sendiri tidak yakin harus mulai dari mana. Meski demikian, tidak perlu khawatir karena berikut ini kami sajikan sedikit panduan cara memilih lampu outdoor untuk taman 

Tentukan terlebih dahulu tujuan pemasangan lampu

Mengetahui secara pasti terlebih dahulu apa tujuan pemasangan lampu merupakan modal awal dalam memilih pencahayaan yang tepat untuk taman anda. Pasalnya, dengan menentukan tujuan/ target tersebut, maka anda dapat mempersempit opsi jenis lampu berdasarkan fungsinya. Berikut ini uraian fungsi paling umum dari lampu outdoor untuk yang dapat anda sesuaikan dengan tujuan penerangan:

  • Lampu sorot

Lampu sorot merupakan salah satu jenis lampu outdoor untuk taman yang memiliki pencahayaan yang cukup terang untuk menyorot titik tertentu. Seperti menyorot pohon besar agar lebih terang dan terlihat indah. Penggunaan lampu yang sering disebut juga dengan nama lampu tembak ini sangat cocok digunakan untuk taman yang luas, pekarangan, hingga area parkir.

  • Lampu bollard

Lampu bollard atau bollard lampu taman merupakan komponen yang terdiri dari kombinasi antara lampu penerangan dengan bollard/ patok pembatas dengan ketinggian yang relatif rendah. Seperti halnya bollard yang dipasang di tepi jalan, bollard lampu taman ini dipasang secara berjajar dengan jarak tertentu antar tiangnya. Fungsi utama dari jenis lampu ini adalah untuk memberikan pencahayaan navigasi yang merata di sepanjang jalan masuk dan jalur taman. 

  • Tiang lampu

Pencahayaan dengan tiang lampu sangat ideal untuk area yang luas dan terang untuk menerangi jalan masuk, jalur taman, lanskap taman, dan berbagai sudut taman lainnya. Pada siang hari, tiang lampu ini dapat menjadi furniture yang mengisi ruang taman serta menjadikan taman lebih indah. Dari segi fungsional maupun estetikanya, tiang lampu merupakan pilihan komponen pencahayaan luar ruangan yang sangat serbaguna.

Tentukan sumber daya lampu yang akan digunakan

Cara memilih lampu outdoor untuk taman selanjutnya yaitu tentukan sumber daya lampu yang ingin anda gunakan. Sumber daya adalah faktor kunci lain yang perlu anda pertimbangkan saat memilih lampu luar ruangan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda. Adapun 2  jenis sumber daya pencahayaan luar ruangan yang perlu anda pertimbangkan adalah listrik dan solar panel/ panel surya. Untuk sumber daya listrik pada umumnya menggunakan listrik PLN yang mana kabel distribusi dayanya biasanya tertanam dibawah tanah. Tujuannya agar lebih rapi dan tidak mengganggu pemandangan. Sedangkan sumber daya solar panel tidak menggunakan listrik PLN dan kabel, karena ia memiliki mekanisme secara otomatis menyimpan energi surya ke dalam battery internal pada siang hari dan malam hari otomatis akan menyala.

Sesuaikan gaya lampu berdasarkan konsep taman

Taman diibaratkan seperti jantung lingkungan sekitarnya. Jadi, agar taman semakin indah dan menarik jangan lupa untuk merencanakan model lampu yang sesuai dengan konsep taman itu sendiri untuk menciptakan nuansa tertentu. Dari sini, anda bisa mempersempit pilihan lagi kepada dua gaya lampu berikut ini:

  • Gaya modern 

Jika anda ingin menciptakan estetika kontemporer dengan kesan sederhana namun tampak elegan. Sebaiknya arahkan gaya pencahayaan dengan keunggulan lampu taman modern. Ciri khas dari gaya lampu ini adalah paduan bentuk-bentuk tajam, geometris, garis tebal, dan desain unik lain untuk menambahkan tampilan futuristik, bersih, dan minimalis.

  • Gaya tradisional 

Pencahayaan luar ruangan bergaya tradisional sangat ideal jika anda ingin menerapkan gaya dekorasi yang lebih klasik/ vintage untuk taman anda. Contohnya, anda bisa menggunakan tiang lampu antik yang memiliki desain unik dengan sentuhan ornamen-ornamen antik berupa motif lengkungan daun/ bunga/ hewan. Dengan gaya ini, komponen lampu akan lebih menyatu dengan nuansa alami taman dan cukup efektif untuk menambah nilai estetika pada taman.

Itulah beberapa cara memilih lampu outdoor untuk taman semoga dapat membantu anda ke arah pilihan lampu taman yang tepat. Masih bingung mencari-cari referensi lampu taman? Temukan inspirasi desain lampu taman terbaik dalam proyek tiang lampu taman kami yang memiliki hasil akhir estetika dan fungsional yang memuaskan. Anda juga dapat menghubungi kami di 0812-2630-238 untuk mendapatkan saran tambahan, konsultasi gratis, dan produk lampu taman berkualitas dengan harga yang kompetitif.

Fatma Karya Indah merupakan produsen komponen dekorasi taman. Meliputi kursi taman, tiang lampu, bollard, dan produk logam coran lain yang semuanya bersifat custom/ sesuai permintaan konsumen. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami dan buat produk custom sesuai keinginan sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami