Istilah-istilah dalam Program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat)

Istilah-istilah dalam Program Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat)

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang apa itu sanimas dan pentingnya bagi pemukiman. Lalu kemudian, pada artikel kali ini pembasahan akan berlanjut mengenai istilah-istilah dalam Program Sanimas. Sedikit mengulang kembali, Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) atau SLBM (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) secara singkat berarti suatu program untuk penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan air limbah oleh masyarakat dan bagi masyarakat. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam mempelajari hal yang berkaitan dengan Sanimas mungkin ada banyak istilah-istilah yang mungkin terdengar asing yang tidak anda ketahui apa itu artinya. Oleh karenanya, untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang itu berikut adalah istilah-istilah dalam pembahasan Program Sanimas beserta penjelasannya yang kami kutip dari beberapa sumber:

  • Air limbah

Air limbah adalah air buangan yang berasal dari rumah tangga maupun industri, termasuk itu tinja manusia dari lingkungan permukiman dan buangan kimia.

  • DAK 

DAK atau Dana Alokasi Khusus adalah alokasi dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kepada Pemerintah Daerah tertentu. Dana ini berfungsi untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemda dan tetap dengan prioritas nasional.

  • Drop Manhole

Drop manhole adalah manhole yang elevasi pipa masuk (inlet) dan pipa keluarnya (outlet) tingginya lebih dari 60 cm sehingga harus ada pemasangan pipa samping (side pipe).

  • IPAL

IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah adalah suatu bangunan yang dirancang sebagai tempat mengolah limbah cair. Baik limbah yang sifatnya biologis maupun kimiawi agar bisa digunakan pada aktivitas yang lain.

  • IPLT

IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja) adalah instalasi pengolahan air limbah yang dirancang khusus hanya untuk menerima dan mengolah lumpur tinja yang akan diangkut melalui mobil (truk tinja).

  • Kimrum

Kimrum merupakan akronim dari Permukiman dan Perumahan.

  • Kesling

Kesling merupakan akronim dari Kesehatan lingkungan

  • KOTAKU

KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah salah satu program Pemerintah untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan dan mendukung “Gerakan 100-0-100”. Yang artinya 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

  • KSM

KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) adalah sekumpulan orang yang menyatukan diri dalam usaha-usaha di bidang sosial ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya serta masyarakat yang berada di sekitarnya.

  • Komunal

Komunal adalah sesuatu yang sifatnya milik umum/ bersama.

  • Lubang Inspeksi

Lubang inspeksi (Inspection Chamber/ IC) adalah manhole yang menerima satu atau beberapa sambungan rumah dan menyalurkannya ke pipa service yang boks awal sewerage system.

  • Manhole

Manhole (lubang manusia) adalah bak kontrol yang berbentuk layaknya sumur yang bisa dimasuki orang. Berfungsi sebagai tempat untuk memelihara dan memperbaiki pipa air limbah secara periodik, terutama bila ada penyumbatan. Pembuatan manhole ini memiliki jarak tertentu mulai dari pipa service hingga pipa induk.

  • Manhole Cover

Manhole cover (penutup manhole) adalah suatu komponen yang berguna untuk menutup lubang manhole. Bisa juga disebut sebagai pintu manhole.

  • MPSS 

MPSS (Memorandum Program Sektor Sanitasi) adalah sebuah dokumen kesepakatan/ komitmen penganggaran untuk program dan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, Propinsi dan Pusat.

  • PPSP

PPSP atau Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman adalah program nasional pembangunan sanitasi secara komprehensif gagasan Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TTPS).

  • PHBS

PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah salah satu kampanye untuk meningkatnya kesadaran sanitasi dan promosi praktik hidup bersih dan sehat.

  • SANDES

SANDES merupakan akronim dari Sanitasi Perdesaan Padat Karya. Merupakan salah satu program penyelenggaraan sarana dan prasarana sanitasi sektor air limbah domestik dan persampahan berbasis masyarakat oleh Kementerian PUPR.

  • Sanitasi

Sanitasi adalah upaya meningkatkan taraf hidup manusia terutama dalam hal kesehatan dengan cara memelihara kebersihan lingkungan. Bentuk upaya itu seperti menyediakan air yang bersih untuk keperluan mencuci dan MCK, menyediakan tempat sampah agar sampah tidak dibuang sembarangan, dll.

  • STBM

STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah program pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Pemicuan ini merupakan cara untuk mendorong perubahan perilaku atas kesadaran sendiri dengan menyentuh perasaan, pola pikir, perilaku dan kebiasaan individu atau masyarakat.

  • Sewerage

Sewerage adalah sistem pengumpulan atau penyaluran air limbah dengan perpipaan

  • Wet Pit

Wet pit adalah bak penampung air limbah yang akan dipompa.

Demikian istilah-istilah yang mungkin sering anda jumpai dalam pembahasan Program Sanimas. Apabila terdapat update terbaru akan kami tambahkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami