Manhole Cover Sanimas/ SLBM/ DAK

Manhole Cover Sanimas/ SLBM/ DAK

Meskipun fungsinya sangat penting, mungkin tidak ada yang memperhatikan betul mengenai keberadaan manhole cover. Manhole cover ini hampir bisa ditemukan di mana-mana saat ini, khususnya di wilayah perkotaan. Di taman, jalan raya, trotoar dan bahkan pada bangunan program Sanimas. Dari lokasi yang telah disebutkan, apakah Anda merasa asing dengan kata Sanimas? Bagi yang belum tahu, di bawah ini kami sajikan pembahasan mengenai apa itu Sanimas dan apa fungsi dari manhole cover Sanimas.

Apa itu sanimas?

Sanimas atau sering juga disebut SLBM (Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat) adalah sebuah program Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat melalui upaya sanitasi. Sanitasi yang dimaksud yaitu menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan air limbah (IPAL) bagi masyarakat yang berada di kawasan padat kumuh miskin (PAKUMIS) perkotaan dan semi perkotaan. Program sanimas ini telah menjadi Program Nasional sejak tahun 2005, fokusnya pada penanganan air limbah domestik rumah tangga yang berwawasan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pelaksanaannya, Sanimas melibatkan masyarakat yang menjadi target manfaat untuk menjadi aktor yang berperan aktif dalam program tersebut mulai dari tahap perencanaan, pembangunan, hingga operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal. Pelibatan masyarakat ini tentu bukan tanpa tujuan. Dengan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggungjawab bersama kepada masyarakat terhadap fasilitas yang ada. Sehingga fasilitas sanitasi yang telah dibangun dapat terjaga dan terkelola dengan baik dan mendapatkan kebermanfaatannya hingga jangka panjang. 

Fungsi manhole cover pada program Sanimas

Manhole cover menjadi salah satu komponen penting yang harus ada dalam pembangunan fasilitas sanitasi komunal. Manhole cover Sanimas digunakan untuk menutup tampungan limbah pada bangunan IPAL. Yang mana ia bisa dibuka dan ditutup sebagai akses kontrol ke saluran bawah tanah. Selain itu, manhole cover juga dapat memberi nilai tambah dari segi estetika. Karena desain manhole cover bisa dikreasikan sedemikian rupa, semenarik mungkin selaras dengan desain bangunan IPAL itu sendiri yang biasanya juga dibuat atraktif untuk menghindari kesan kumuh.

Tips memilih manhole cover Sanimas/ SLBM

1. Memilih manhole cover besi cor daripada beton cor

Berdasarkan bahan dasar pembuatnya, manhole cover dapat dibedakan menjadi 2 yaitu manhole cover beton cor dan manhole cover cast iron (besi cor). Seiring perkembangan waktu, manhole cover yang lebih sering dijumpai sekarang ini adalah manhole cover besi cor. Hal ini dikarenakan manhole cover besi cor memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa keunggulan dari manhole cover besi cor:

  • Daya tempa lebih tinggi dan lebih awet

Manhole cover besi cor terbuat dari logam cor padat yang tentu telah kita ketahui bersama material ini memiliki sifat keras, tidak mudah bengkok ataupun patah. Dengan karakteristik tersebut, tentu menjadikan manhole cover berbahan besi cor dapat menahan beban yang cukup tinggi. Selain itu, manhole cover yang terbuat dari besi cor biasanya dilapisi cat khusus yang membuat permukaan besi menjadi anti karat dan membuat umur pakai manhole cover menjadi sangat lama (awet).

Sementara itu, material beton terbuat dari kombinasi agregat dan pengikat semen. Sebenarnya material ini juga memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi, tidak bisa diremehkan begitu saja. Hanya saja tingkat kekuatan material beton tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ia lebih mudah terpengaruh dengan iklim. Ia bisa retak, keropos, dan mengalami kerusakan struktur akibat paparan cuaca panas dan hujan.

  • Desain mudah dikreasikan sehingga lebih variatif dan estetik

Proses produksi manhole cover besi cor menggunakan metode pengecoran logam yang cukup kompleks. Gambaran proses pengecoran logam sendiri secara garis besarnya dilakukan dengan menuangkan cairan logam yang merupakan hasil peleburan material logam besi ke dalam cetakan yang telah dibuat sesuai pola. Kemudian cairan tersebut akan mengeras hingga tercetak lah sebuah produk. Dengan proses tersebut, Anda bisa berkreasi sesuai keinginan dan kebutuhan menciptakan desain manhole cover yang atraktif. 

Lain halnya manhole cover dari beton, biasanya ia hanya dapat dibuat dengan desain yang lebih polos dan sederhana. Dapat juga diberikan warna yang variatif, akan tetapi cat pada beton relatif mudah luntur seiring terpaan cuaca ekstrem terus menerus.

2. Memilih kelas manhole cover medium duty

Selanjutnya, manhole cover dapat dibedakan menjadi 3 kelas berdasarkan tingkat kekuatan/ ketahanannya dalam menahan beban, bisa juga dibilang tingkat ketebalan dari manhole cover. Mulai dari yang terbawah yakni kelas ringan (light duty), kemudian kelas menengah (medium duty), dan yang paling kuat adalah kelas berat (heavy duty). Mengingat lokasi pelaksanaan program Sanimas berada pada kawasan pemukiman warga yang tidak dilewati beban berat, maka cukup menggunakan kelas medium duty. Ini juga untuk tujuan menghemat anggaran karena manhole cover medium duty memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan manhole cover heavy duty.

3. Menggunakan manhole cover berbentuk bulat

Manhole cover secara umum memiliki jenis 2 bentuk, yakni bulat dan kotak. Untuk manhole cover yang digunakan pada program Sanimas sebaiknya yang berdesain bulat. Pasalnya untuk ketebalan dan material yang sama, konstruksi manhole cover bulat lebih berdaya tahan tinggi daripada tutup manhole kotak karena ia tidak memiliki tegangan sisa. Berbeda dengan manhole kotak yang memiliki akumulasi tegangan sisa pada setiap sudut sikunya. Apabila tidak tahan, bagian siku ini dapat retak. Selain itu, manhole cover bulat memiliki klaim lebih rapat dalam menutup lubang. Sehingga dapat mencegah bau tak sedap air limbah muncul ke permukaan secara lebih optimal.

4. Menyematkan komponen pengaman engsel

Mengingat lokasi pemasangan manhole cover berada pada area terbuka ditambah ia juga bernilai ekonomis yang cukup tinggi, tidak bisa dipungkiri bahwa manhole cover sering menjadi sasaran pencurian. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi manhole cover ini hilang sebaiknya memilih manhole cover model berengsel. Dengan adanya engsel, maka frame dan tutup manhole tidak akan terpisah dan diambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Membuat desain manhole cover semenarik mungkin

Salah satu tujuan program Sanimas adalah membuat lingkungan menjadi lebih bersih, sehat, dan nyaman, berawal dari itu biasanya bangunan IPAL pun memiliki desain yang semenarik mungkin, dicat warna-warni dibuat layaknya taman bermain untuk menghindari kesan kumuh. Dan agar pemasangan manhole cover selaras dengan itu, maka dibutuhkan desain manhole cover yang menarik pula. Seperti yang telah disinggung di atas, Anda bisa bebas mengkreasikan desain permukaan tutup manhole berbahan besi cor. Anda dapat mencantumkan nama program, logo, ikon kota dan penyelenggara program, landmark kota serta motif-motif unik hingga tokoh-tokoh/ karakter kartun anak-anak.

Kesimpulan

Manhole cover memiliki peran yang sangat penting dalam program Sanimas karena merupakan komponen penutup lubang saluran IPAL komunal. Tidak hanya itu, komponen yang sering juga disebut sebagai tutup got ini telah menjadi salah satu karya seni yang menghadirkan keindahan tata lingkungan. Yang mana mulai dari tingkat ketahanan (kelas manhole cover), keamanan, dan desain dapat di custom sesuai kebutuhan. 

FAQ

Berapa ukuran manhole cover Sanimas?

Manhole cover tersedia dalam berbagai ukuran tergantung pada konteks penggunaan serta ukuran manhole dan lokasinya. Sebuah manhole cover Sanimas dapat berdiameter 40 cm, 50 cm, 60 cm, 80 cm, dll. Yang harus Anda lakukan adalah mencari ukuran yang tepat dengan konstruksi bangunan IPAL Anda.

Apakah grill cover sama dengan manhole cover?

Tentu saja tidak. Meski sama-sama termasuk dalam komponen drainase, grill cover dan manhole cover memiliki perbedaan dari segi desain dan fungsi. Grill cover pada dasarnya adalah komponen penutup lubang drainase dengan kisi atau lubang di permukaannya yang berfungsi untuk menangkap air di permukaan tanah dan mencegah partikel besar masuk ke saluran pembuangan air bawah tanah. 

Sedangkan manhole cover tidak memiliki lubang atau kisi-kisi. Dan fungsi utamanya adalah sebagai pintu bagi petugas untuk keperluan akses kontrol ke dalam saluran IPAL/ drainase.

Mengapa manhole cover bulat lebih populer daripada manhole cover kotak?

Karena manhole cover berbentuk bulat dapat menahan tekanan di sekitarnya. Selain itu apabila model manhole cover bulat, Anda tidak perlu bersusah payah memutar tutup manhole untuk menyelaraskan dengan lubang gotnya. Jika itu manhole cover berbentuk persegi atau persegi panjang, tentu Anda harus berusaha menyelaraskan sudut-sudut tutup manhole dengan lubang got tersebut. 

Kemudian dari sisi produksi, manhole cover bulat lebih mudah dibuat dibandingkan dengan bentuk persegi panjang atau persegi sehingga harganya pun relatif lebih rendah.

Berapa harga manhole cover?

Manhole cover dijual dengan harga bersaing. Biaya tergantung pada bahan konstruksi, ukuran, berat dan fitur tambahan.

Siapa produsen manhole cover Sanimas top di Indonesia?

Fatma Karya Indah adalah salah satu produsen manhole cover teratas di Indonesia.

Jual manhole cover

Tidak perlu mencari-cari produsen manhole cover Sanimas/ SLBM/ DAK di tempat lain karena disini Anda bisa mendapatkannya. Kami – Fatma Karya Indah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengecoran logam. Sejak berdiri pada tahun 1995, kami senantiasa mempersembahkan berbagai produk coran termasuk manhole cover Sanimas yang berkualitas tinggi dan kompetitif. Kami siap menjadi mitra dan ikut andil dalam kesuksesan program Sanimas Anda. Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami