Perbedaan Manhole Cover Jalan, Pedestrian dan Sanitasi

Perbedaan Manhole Cover Jalan, Pedestrian dan Sanitasi

Manhole cover adalah komponen drainase yang biasanya digunakan dalam sistem drainase jalan perkotaan, area pedestrian/ trotoar, dan bangunan program sanitasi. Meski secara teknis manhole cover sama-sama berfungsi untuk menutup lubang manhole pada area tersebut. Namun ternyata ada standar berbeda yang harus dipatuhi tergantung di mana Anda menggunakannya. Dengan kata lain, manhole cover yang dipasang di jalan akan berbeda dengan manhole cover pedestrian, begitupun juga dengan manhole cover yang terletak di pedestrian akan berbeda pula dengan manhole cover sanitasi. Lalu, apa perbedaan manhole cover jalan, manhole cover pedestrian dan manhole cover sanitasi ini?

Mengenal terlebih dahulu tentang manhole cover

Manhole cover atau sering disebut dengan istilah penutup lubang got bisa dikatakan sebagai pelat yang dapat dilepas-pasang/ dibuka-tutup untuk keperluan akses kontrol ke dalam saluran drainase. Selain itu juga untuk melindungi siapa pun atau apa pun agar tidak jatuh ke lubang got. 

Bahan baku

Material yang biasa untuk membuat manhole cover adalah besi cor dan beton cor. Namun, kebanyakan manhole cover saat ini berbahan besi cor karena memiliki lebih banyak keunggulan daripada manhole cover berbahan beton cor. Terutama dalam hal desain/ model yang lebih variatif dan estetik serta masa pakai yang lebih lama. Adapun objek yang akan dibahas selanjutnya berfokus pada manhole cover besi cor.

Part dan bentuk

Manhole cover terdiri dari 2 bagian, yaitu frame (bingkai) dan cover (tutup). Yang mana kedua bagian ini bisa disatukan dengan menambahkan engsel sebagai elemen pengaman agar tutupnya tidak mudah hilang sebab diambil atau dipindahkan oleh oknum nakal. Sementara itu, jika dilihat dari bentuknya, manhole cover dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu manhole cover bulat dan kotak. 

Tingkat ketebalan

Ketahanan manhole cover besi cor/ cast iron dalam menahan beban cukup tinggi. Tingkat ketahanan yang dimilikinya tergantung dari tingkat ketebalan dan material yang digunakan. Berdasarkan tingkat ketahanan dan ketebalan ini sendiri terbentuklah suatu kelas manhole cover, yaitu:

  • Light duty (kelas ringan)
  • Medium duty (kelas menengah)
  • Heavy duty (kelas berat)

Perbedaan manhole cover jalan, pedestrian dan sanitasi

Bagi Anda yang sedang merencanakan pengadaan manhole cover, penting untuk mengetahui perbedaan antara manhole cover jalan, manhole cover pedestrian dan manhole cover sanitas berikut. 

Dari segi bentuk

Pertama dari segi bentuk. Manhole cover bulat lebih banyak digunakan pada proyek drainase jalan raya serta instalasi bagunan sanitasi IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal. Alasanya manhole bulat tidak memiliki tegangan sisa dibandingkan dengan manhole cover kotak yang setiap sudutnya memiliki tegangan sisa. Sehingga dengan ketebalan dan material yang sama, manhole cover bulat lebih kuat dalam menahan tekanan dari kendaraan yang berlalu-lalang. 

Sedangkan pemilihan manhole cover bulat pada saluran sanitasi IPAL sangat efektif untuk menghindari kebocoran bau tak sedap dari saluran sanitasi IPAL bawah tanah yang dapat mengganggu kenyamanan lingkungan. Sementara itu manhole cover untuk area pedestrian/ trotoar lebih baik yang berbentuk kotak. Sebab akan lebih mudah untuk menyesuaikannya dengan lantai trotoar yang berupa paving block maupun beton yang biasanya berbentuk kotak pula.

Dari segi ketebalan 

Tingkat ketebalan yang menghasilkan tingkat ketahanan/ kekuatan ini sangat mempengaruhi biaya pengadaannya, sehingga Anda harus cermat dalam menentukannya agar pemasangan manhole cover tepat sasaran dan tepat anggaran. Karena trotoar hanya dilalui oleh para pejalan kaki, begitupun juga pada lingkungan bangunan sanitasi yang merupakan wilayah pemukiman warga. Maka beban yang akan menimpa manhole cover tidak terlalu besar. Oleh karena itu menggunakan manhole cover light duty hingga medium duty saja sudah cukup untuk menahan beban manusia.

Lain halnya pengaplikasian di jalan, pemilihan kelas manhole cover harus melihat dan mempertimbangkan dahulu kapasitas kendaraan yang mungkin melewati jalan tersebut. Misalnya jika untuk jalan umum/ jalan arteri yang dilalui berbagai ukuran kendaraan dengan tonase yang berat, maka sudah menjadi keharusan memilih manhole cover tingkat teratas yakni heavy duty. Jika itu jalan lokal atau jalan masuk yang tidak dilalui oleh kendaraan besar maka cukup menggunakan manhole cover medium duty.

Itulah sedikit perbedaan antara manhole cover jalan, pedestrian dan sanitasi yang terletak pada sisi bentuk dan kelas ketahanannya. Semoga ini dapat membantu Anda dalam menentukan spesifikasi yang tepat untuk proyek Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami