Tiang PJU (Penerangan Jalan Umum)

Tiang PJU (Penerangan Jalan Umum)

Ketika melintasi jalan umum tentu anda akan sering menjumpai tiang-tiang yang terpasang di sisi maupun median jalan. Jenis tiang tersebut adalah tiang PJU (Penerangan Jalan Umum) yang berfungsi untuk menyangga lampu penerangan jalan. Komponen ini merupakan fasilitas perlengkapan jalan berupa alat penerangan yang pemasangannya bertujuan untuk mewujudkan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta kemudahan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas khususnya pada malam hari. Mari mengenal lebih dalam tentang tiang lampu PJU dengan menyimak pembahasan di bawah ini

Apa itu PJU

Sederhananya PJU merupakan lampu penerangan jalan yang dipasang untuk kepentingan masyarakat umum agar memudahkan masyarakat pengguna jalan melaksanakan aktivitasnya dengan aman dan nyaman. Dengan adanya PJU ini, para pejalan kaki, pesepeda hingga pengendara kendaraan bermotor dapat terbantu untuk melihat lebih jelas jalan/ medan yang akan dilalui pada malam hari. Sehingga keselamatan berlalu lintas pun dapat meningkat.

Fungsi PJU

Setidaknya ada 4 fungsi dari PJU itu sendiri, yaitu:

  • Fungsi penerangan. Cahaya yang berasal dari lampu PJU dapat menghasilkan kekontrasan antara objek dan permukaan jalan. Sehingga pengguna jalan dapat melihat dengan jelas kondisi sekitar jalan.
  • Fungsi keamanan. Bisa dibilang ini adalah fungsi yang paling penting. Ketika pengendara dapat melihat jelas kondisi sekitar jalan, maka navigasi jalan menjadi lebih mudah pula sehingga lalu lintas dapat berjalan lancar dan aman. Selain itu, penerangan jalan yang lebih baik memiliki andil dalam menghalangi oknum kriminal yang mengambil manfaat dari kegelapan malam. Terutama melindungi para pejalan kaki maupun pengendara kendaraan tidak bermotor.
  • Fungsi ekonomi. Jika lampu jalan tampak terang dan memadai, maka arus transportasi bisa lancar dan pengangkutan barang dapat dilakukan lebih cepat. Hal ini tentu dapat juga membantu kelancaran distribusi barang dan peningkatan ekonomi.
  • Fungsi dekorasi. Fungsi tiang lampu PJU yang terakhir ini mungkin masih ada sebagian yang belum mengetahuinya. PJU ternyata juga dapat menjadi komponen dekorasi tata kota yang memperindah jalanan. Akan tetapi, syaratnya desain tiang lampu harus unik untuk dapat memberikan kesan keindahan.

Jenis-jenis PJU 

Lampu penerangan jalan memiliki banyak jenis. Berikut ini jenis-jenis PJU berdasarkan masing-masing klasifikasinya:

Berdasarkan tempat 

Meskipun dari penamaannya menunjukkan bahwa tiang lampu ini ditujukan untuk jalan, akan tetapi pemasangannya tidak terbatas hanya di jalan saja. Ya, berdasarkan tempatnya, PJU dapat dibedakan menjadi beberapa lokasi pengaplikasian. Yaitu mulai dari tiang lampu PJU jalan, tiang lampu PJU untuk taman, trotoar, hingga alun-alun. 

Berdasarkan model tiang

Klasifikasi jenis PJU selanjutnya berdasarkan model tiangnya. Saat ini banyak sekali model tiang lampu yang terpasang. Ragam model tiang lampu yang bervariasi disebabkan oleh perkembangan tren desain komponen tata kota dan kondisi area penempatan itu sendiri. Berikut ini beberapa model tiang lampu PJU yang paling populer:

  • Model antik. Tiang lampu PJU antik merupakan desain tiang yang memiliki sentuhan bergaya antik. Gaya antik sendiri erat kaitannya dengan kenangan masa lalu. Pada umumnya aksen antik yang diadopsi pada tiang lampu adalah dengan menyematkan ornamen-ornamen lengkungan yang membentuk bunga, daun, binatang, maupun motif lain yang serupa dengan motif benda-benda hiasan maupun furniture mewah jaman dulu. 
  • Tiang model cabang 2. Namanya saja tiang model cabang, sudah pasti tiang ini memiliki bentuk yang bercabang. Untuk model cabang 2 berarti jumlah cabang nya ada 2 (double angle), dengan kata lain jumlah lampu yang terpasang nantinya ada 2 pula. Dengan 2 buah lampu, tentu akan menciptakan penerangan yang lebih terang daripada dengan model tunggal.
  • Tiang model cabang 3. Mirip dengan tiang model cabang 2, hanya saja berbeda dari segi jumlah cabangnya. Model tiang lampu bercabang 3 ini memiliki kesan yang lebih mewah dan artistik sehingga sering digunakan sebagai tiang lampu taman, alun-alun, dll untuk menghidupkan suasana.
  • Minimalis. Tiang model minimalis memiliki bentuk yang sederhana, tidak perlu ukiran-ukiran yang dekoratif akan tetapi dapat merubah suasana menjadi lebih menarik berkat bentuknya yang berkesan futuristik dan elegan. Selain itu, biasanya hanya menyematkan 1 buah lampu sehingga harganya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan tiang lampu model antik dan bercabang.

Berdasarkan sumber daya

  • Solar panel/ panel surya. Panel surya merupakan suatu peralatan elektronik yang berfungsi menangkap energi cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Maka lampu PJU yang menggunakan sumber daya ini tidak menggunakan listrik PLN dan kabel, karena memiliki mekanisme secara otomatis menyimpan energi surya ke dalam battery internal pada siang hari dan malam hari otomatis akan menyala.
  • Listrik tanam. Sumber daya lampu PJU yang satu ini menggunakan listrik PLN yang mana kabel distribusi dayanya biasanya ditanam di bawah tanah.

Berdasarkan jenis lampu

Berdasarkan lampu yang digunakan, paling sedikit PJU dapat dibedakan menjadi:

  • Light-Emitting Diode (LED). Berupa lampu solid atau padat.
  • Lampu gas bertekanan tinggi atau high-pressure discharge lamp. Dapat berupa lampu sodium bertekanan tinggi atau high-pressure sodium (SON) maupun lampu métal halide.
  • Lampu gas bertekanan rendah kondisi vakum atau low pressure discharge lamp. Berupa lampu pendar (fluorescent) jenis Iluminasi tinggi (high output).

Pengadaan PJU

Lampu penerangan jalan adalah tanggung jawab Pemda setempat. Sedangkan PLN hanya bertugas menyuplai aliran listrik ke penerangan jalan tersebut dan menarik Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan kemudian menyetorkannya ke Pemda. Untuk permintaan pengadaan atau perluasan PJU oleh masyarakat harus ditujukan kepada Pemda/ Pemkot setempat selaku pengelola PJU. 

Mengenai pengadaan Penerangan Jalan Umum lebih lanjut termuat dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 27 Tahun 2018 tentang Alat Penerangan Jalan. Berdasarkan PP tersebut penataan PJU pada jalan sendiri terdapat beberapa aturannya, antara lain sebagai berikut:

Penataan di jalan satu arah

  • Kiri atau kanan jalan
  • Di kiri dan kanan jalan secara berselang-seling 
  • Saling berhadapan di kiri dan kanan jalan
  • Di bagian tengah/ separator jalan

Penataan di jalan dua arah 

  • Bagian tengah/ median jalan
  • Kombinasi antara penempatan di kiri dan kanan berhadapan dengan bagian tengah/ median jalan

Penataan di persimpangan jalan

  • Dapat menggunakan lampu bercabang yang memiliki beberapa lampu

Tips memilih PJU

Pengadan PJU tentu membutuhkan perencanaan yang tidak sepele. Banyak hal yang harus anda perhatikan, termasuk model, spesifikasi, dan kondisi arus jalan itu sendiri. Dibawah ini tips umum yang harus anda perhatikan ketika memilih PJU:

Tentukan ketinggian tiang

Ketinggian tiang merupakan faktor penting dalam hal tiang lampu jalan. Ketinggian tiang akan mengubah cara mendistribusikan cahaya. Oleh karena itu, anda perlu mengatur ketinggian lampu jalan untuk distribusi cahaya terbaik. Secara umum, tinggi minimal tiang lampu PJU adalah 3 meter hingga puluhan meter tergantung jenis dan kondisi jalan. Jalan dengan batas kecepatan yang lebih tinggi biasanya membutuhkan lampu jalan dengan pemasangan yang lebih tinggi pula.

Jarak pemasangan

Pikirkan tentang saat anda masuk ke ruangan gelap, mungkin anda membutuhkan setidaknya beberapa detik bagi mata anda untuk menyesuaikan diri. Hal yang sama juga berlaku jika anda mengemudi di jalan yang terang benderang dan kemudian tiba-tiba semuanya menjadi gelap. Begitupun juga jika terlalu banyak lampu, maka itu justru dapat berdampak tidak nyaman karena menyebabkan silau dan membuat berkendara menjadi kurang aman.

Inilah pentingnya memperhatikan konsistensi pencahayaan dengan mengatur jarak penempatan tiang lampu. Dengan menempatkan tiang lampu jalan pada interval jarak yang konsisten, anda dapat menciptakan pencahayaan yang konsisten pula. Hasilnya pengemudi tidak perlu berusaha terus-menerus menyesuaikan diri dengan kondisi pencahayaan jalan yang mana ini berpotensi mengganggu kemampuan mereka untuk melihat jalan dengan jelas. 

Perhitungan jarak pemasangan lampu sendiri dapat dihitung berdasarkan kuat pencahayaannya sehingga diperoleh jarak antar tiang yang ideal yang mempengaruhi kualitas pencahayaan lampu jalan. Menurut SNI 7391:2008 lampu penerangan jalan memiliki standar jarak antar tiang minimum sebesar 30 m.

Tiang PJU untuk estetika

Lampu jalan juga dapat menawarkan suasana, menambah keindahan dan daya tarik. Selain itu juga dapat untuk memberi aksen sorotan pada tempat-tempat penting suatu kota, area bisnis, atau lingkungan perumahan. Hal ini bisa terpenuhi dengan mendesain tiang lampu secara dekoratif. Selain akan tampak indah pada malam hari, tiang PJU dekoratif akan menambah nilai estetika jalan perkotaan sehingga dapat menambah warna dekorasi kota dan menarik perhatian publik.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai apa itu tiang PJU/ tiang lampu jalan umum, fungsi, jenis-jenis, hingga tips memilih PJU yang tepat. Dengan adanya PJU ini harapannya dapat menambah rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan dan masyarakat secara umum serta menambah estetika lingkungan tata kota.

FAQ

  • Apa bahan baku pembuatan tiang lampu PJU?

Material tiang PJU umumnya terbuat dari pipa galvanis/ blacksteel dengan aksen motif dan ornamen terbuat dari logam cor berkualitas tinggi.

  • Dimana saya bisa menemukan pabrik atau produsen tiang PJU?

Kebetulan kami sendiri – Fatma Karya Indah adalah salah satu pabrikan, produsen, dan pemasok tiang lampu jalan umum/ PJU kota terkemuka di Indonesia. Kami memiliki pengalaman panjang dalam memenuhi kebutuhan pengadaan tiang lampu dari berbagai kota di Indonesia.

  • Bagaimana untuk desain dan modelnya?

Kami menyediakan berbagai model tiang lampu secara garis besarnya, kemudian dapat anda kustomisasi sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan proyek. 

  • Apakah produk tiang PJU Fatma Karya Indah sudah termasuk lampu dan pemasangannya?

Ya, jika ada permintaan tersebut maka kami dapat memenuhinya. Kami siap memberikan pelayanan satu pintu, mulai dari perencanaan, produksi, hingga pasca produksi seperti pengiriman, pemasangan, pergantian spare part, dll sesuai perjanjian.

  • Berapa harganya?

Untuk harga tiang lampu PJU jalan cukup bervariasi dan bersifat negotiable berdasarkan kuantitas, material, desain dan model. Info harga lebih detailnya silahkan hubungi kontak yang tercantum pada website ini.

Percayakan kebutuhan anda kepada pabrikan Tiang lampu profesional & terpercaya

Jika anda sedang mencari mitra/ produsen pengadaan tiang PJU jangan ragu untuk segera menghubungi kami. Kami berkomitmen memberikan pelayanan totalitas, dengan produk yang sangat kompetitif dan dapat diandalkan, baik dari segi harga maupun kualitasnya. Sebagai bahan pertimbangan, silahkan kunjungi laman proyek kami untuk melihat dokumentasi proyek-proyek skala kecil hingga besar pengadaan tiang lampu yang telah kami tangani sebelumnya. Semoga segera bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Kami