Besi cor dan beton dikenal sebagai material konstruksi yang memiliki tingkat kekuatan dan kekokohan tinggi. Terkadang di beberapa jenis proyek, kedua material ini menjadi sebuah opsi. Misalnya saja pada proyek drainase terutama dalam pembuatan manhole cover, saat ini banyak yang memakai material besi cor namun ada juga yang menggunakan material beton. Jika anda dihadapkan pada kedua opsi tersebut, lalu harus pilih mana antara manhole cover besi cor atau beton? Sebagai bahan pertimbangan, berikut kami sajikan perbandingan keduanya jika dilihat dari beberapa faktor berikut ini:

Tingkat kekuatan dan keawetan

Manhole cover besi cor memiliki kekuatan yang cukup tinggi karena terbuat dari material besi cor padat yang memiliki karakteristik keras, tidak mudah retak maupun patah. Sementara manhole cover beton terbuat dari campuran agregat dan pengikat semen, yang mana juga mempunyai tingkat kekuatan yang terbilang tinggi.

Meski keduanya sama-sama kuat dalam menahan beban kendaraan yang melewatinya, hanya saja manhole cover besi cor lebih bisa diandalkan untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan karakteristik material beton lebih mudah terpengaruh oleh ketidakstabilan cuaca. Manhole cover beton mudah retak dan keropos akibat paparan cuaca panas dan guyuran hujan secara terus-menerus.

Desain

Jika melihat dari segi desainnya, manhole cover besi cor lebih bervariasi dan berestetika karena material besi cor dengan proses pengecoran logam lebih fleksibel daripada cor beton. Permukaan tutup manhole bisa didesain sedemikian rupa dengan menambahkan tulisan, motif ukiran, logo/ ikon kota, dan grafis lainnya. Serta pewarnaannya juga bisa dibuat se-atraktif dan eye catching mungkin dengan cat khusus yang tahan lama. Sehingga tak jarang banyak yang menjadikan manhole cover besi cor ini sebagai salah satu komponen dekorasi tata kota.

Sebaliknya, manhole cover beton tidak memungkinkan untuk dikreasikan secara leluasa. Biasanya ia dibuat dengan tampilan yang sederhana maupun polos.

Harga

Harga manhole cover beton lebih murah karena bahan-bahan pembuatnya juga lebih terjangkau sekaligus mudah didapat di toko-toko bahan bangunan. Sedangkan harga manhole cover besi cor relatif lebih tinggi tergantung jenis material besi cor dan tingkat kekuatan yang ingin dihasilkan. Selain itu, harga manhole cover besi cor relatif lebih tinggi disebabkan oleh tahap pembuatannya memerlukan proses yang lebih kompleks dan keahlian khusus daripada pembuatan manhole cover beton.

Keamanan

Lantaran material besi memiliki harga jual yang cukup tinggi, maka manhole cover berbahan besi cor tidak luput menjadi sasaran pencurian. Hingga kini banyak media lokal yang memberitakan aksi pencurian manhole cover yang terjadi di beberapa daerah. Oleh karenanya, saat ini manhole cover besi kebanyakan telah dilengkapi dengan komponen pengaman. Seperti engsel, rantai, maupun pengaman khusus lainnya agar tutup manhole tidak mudah terpisah dengan frame yang telah dibaut dengan permukaan jalan.

Lain halnya dengan manhole cover beton, karena bobotnya yang relatif sangat berat dan kurang laku dijual maka kemungkinan dicuri sangat kecil sehingga tidak memerlukan pengaman tambahan.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan manhole cover besi cor dan beton yang perlu anda ketahui saat merencanakan proyek pengadaan manhole cover. Dari perbandingan beberapa faktor diatas, dapat disimpulkan bahwa manhole cover besi cor merupakan pilihan yang lebih tepat dan efisien. Karena selain lebih awet, juga dapat digunakan untuk membuat tata kota lebih indah dan ikonik.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk memilih manhole cover besi cor? Jika ya, percayakan saja kebutuhan manhole cover besi cor anda kepada kami – Fatma Karya Indah. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengecoran logam yang telah berpengalaman menghasilkan produk-produk kawasan jalan dan pedestrian berkualitas. Salah satunya manhole cover atau penutup lubang drainase jalan. Kami siap bekerja sama baik sebagai supplier, mitra bisnis, atau mitra pemerintah daerah. Hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan anda!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *