Manhole cover bulat vs manhole cover kotak – Setiap pembangunan saluran drainase bawah tanah pasti akan disertai pembuatan lubang di permukaan jalan. Lubang tersebut dibuat bertujuan untuk menjadi akses petugas dalam rangka pemeliharaan gorong-gorong. Yang namanya lubang di jalan, tentu bisa menjadi ancaman jika tetap dibiarkan terbuka begitu saja. Terlebih ukurannya relatif besar, setidaknya dapat dimasuki oleh orang dewasa. Apabila ada kendaraan yang melintasi lubang terbuka tersebut maka dapat menyebabkan kerusakan serius pada suspensi dan roda sampai menyebabkan terjadinya kecelakaan fatal.

Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan lubang manhole ditutup menggunakan sebuah komponen yang dikenal dengan nama manhole cover. Berdasarkan bentuk lubangnya sendiri, terdapat dua jenis manhole cover, yaitu manhole cover bulat dan kotak. Apa perbedaannya? Manakah yang lebih baik antara manhole cover bulat dengan manhole cover kotak ini?

Dari segi kinerja manhole cover di lapangan

Dilansir dari beberapa sumber, benda bulat memiliki klaim jauh lebih tahan lama daripada benda persegi. Tekanan internal dalam penutup manhole bulat didistribusikan secara merata ke seluruh area permukaan. Sedangkan dalam penutup persegi, persegi panjang, dan bentuk lainnya, tekanan terdistribusi secara tidak merata dan setiap sudutnya akan berfungsi sebagai titik beban utama. Hal ini menyebabkan keausan lebih cepat, apabila tidak tahan bagian siku/ sudut dapat retak.

Selain itu, manhole cover bulat juga relatif lebih rapat dalam menutup lubang. Sehingga manhole cover bentuk ini sangat direkomendasikan untuk menutup lubang yang memiliki kemungkinan mengeluarkan bau tidak sedap, seperti halnya pada kawasan sanitasi.

Kemudahan dan kenyamanan aksesibilitas

Manhole cover memiliki bobot yang relatif berat, hingga puluhan kilogram. Dengan bobotnya yang tidak ringan ini, maka diperlukan tenaga ekstra untuk membuka/ memindahkan tutup manhole ketika ada pekerjaan yang harus dilakukan. Berdasar fakta di lapangan, manhole cover bulat jauh lebih nyaman bagi petugas saat melakukan perbaikan atau pemeliharaan. Mereka dapat memindahkan tutup manhole secara aman dan mudah dengan cara menggulingkannya, ini pun dapat dilakukan sendiri. Lain halnya dengan manhole cover kotak, untuk memindahkannya petugas harus mengangkatnya dan membutuhkan setidaknya tenaga dua pria dewasa.

Begitupun juga untuk memasang tutup kembali pada tempatnya, petugas tidak perlu memutar manhole cover bulat menyesuaikan dengan konfigurasi lubang. Karena tutup bulat akan terpasang dengan benar di sisi mana pun. Sedangkan petugas mengatur posisi manhole cover kotak menyesuaikan sudut-sudutnya dengan konfigurasi lubang.

Efisiensi biaya produksi

Jika dilihat dari sisi ekonom/ biaya pembuatannya, manhole cover bulat ternyata lebih menguntungkan daripada manhole cover kotak. Dengan ukuran sisi persegi dan diameter lingkaran yang sama, keliling persegi pasti akan lebih besar daripada keliling lingkaran. Oleh karena itu manhole cover bulat lebih sedikit membutuhkan material besi cor. Tidak seperti yang bundar, pembuatan penutup lubang got persegi akan membutuhkan bahan baku hingga 30% lebih banyak.

Itulah perbandingan manhole cover bulat vs manhole cover berdasarkan beberapa hal. Dari penjelasan diatas, manhole cover bulat terlihat lebih unggul daripada kotak. Maka tidak heran jika sampai saat ini manhole cover yang digunakan umumnya berbentuk bulat.

Namun, eksistensi manhole cover kotak juga jangan anda kesampingkan begitu saja. Pasalnya, dengan berbagai pertimbangan lain, tutup got kotak ternyata juga cukup populer. Terutama untuk pemasangan di area trotoar yang memiliki kemungkinan beban timpa yang ringan karena hanya dilalui pejalan kaki. Serta manhole cover kotak juga lebih mudah disesuaikan dengan beton/ paving block trotoar untuk menciptakan keselarasan estetika desain permukaan trotoar.

Jual manhole cover bulat atau kotak harga pabrik

Pilih manhole cover bulat ataupun kotak, anda bisa mendapatkan produknya hanya di Fatma Karya Indah! Kami merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pengecoran logam yang telah berpengalaman menghasilkan manhole cover/ penutup lubang drainase jalan. Baik itu sebagai supplier, mitra bisnis, atau mitra pemerintah daerah. Anda pun bisa mengcustom spesifikasi dan desain sesuai kebutuhan. Tunggu apalagi? Segera hubungi kami untuk konsultasi dan mendapatkan penawaran harga menariknya!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *