Semakin berkembangnya suatu daerah, lahan kosong untuk resapan air alami akan semakin berkurang dan mengakibatkan kelebihan air sulit terbuang. Jika kelebihan air di suatu kawasan atau lahan tidak dapat dialirkan, tentu akan menyebabkan genangan yang mengganggu aktivitas masyarakat. Oleh karenanya, dalam suatu penataan kota dibuatlah saluran drainase yang bertujuan untuk menjaga air permukaan tetap terkontrol. Bicara soal saluran drainase, maka anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah gorong-gorong. Apa itu gorong-gorong? Apa pentingnya dalam sebuah sistem saluran drainase? Berikut pembahasannya

Pengertian gorong-gorong

Gorong-gorong adalah suatu konstruksi bangunan yang berbentuk terowongan yang ada pada saluran drainase tertutup. Bangunan ini berfungsi sebagai jalur aliran air melewati bawah jalan, jalan kereta api, maupun timbunan lainnya menuju ke pembuangan air utama.

Pentingnya gorong-gorong dalam saluran drainase

Peran gorong-gorong dalam saluran drainase sangat penting. Dengan pertimbangan faktor hidrolis, gorong-gorong dapat mengalirkan air secara optimal menuju ke saluran pembuangan utama layaknya sebuah sungai.

Selain itu, pembangunan gorong-gorong juga dapat meningkatkan pemaksimalan lahan. Pasalnya, gorong-gorong mengalirkan air di bawah permukaan tanah. Sehingga bagian atasnya masih bisa dimanfaatkan untuk membangun fasilitas lain, seperti jalan, jembatan kecil, dsb.

Konstruksi gorong-gorong

Gorong-gorong dapat berbentuk bulat, elips, maupun kotak hingga trapesium tergantung kebutuhan dari konstruksi gorong-gorong yang diinginkan. Begitupun dengan ukurannya, juga tergantung dengan jumlah debit air yang akan disalurkan. Sedangkan jika dilihat dari bahan bakunya, gorong-gorong dapat diklasifikasikan menjadi:

  • Gorong-gorong beton. Gorong-gorong saat ini banyak yang menggunakan material beton precast atau beton pracetak yang dicetak di dalam pabrik maupun cor di tempat. Material beton ini umumnya dipilih untuk saluran bawah jalan dengan tekanan berat, seperti jalan tol dan jalan raya.
  • Gorong-gorong pipa baja. Jenis gorong-gorong yang satu ini terbuat dari material utama corrugated steel pipe atau pipa baja bergelombang. Umumnya gorong-gorong berbahan pipa baja dipilih lantaran dari segi harga terbilang murah. Disamping itu pekerja tidak perlu lagi melakukan instalasi khusus sebab sudah diset dari pabrik sehingga proses pengerjaan tidak memakan waktu terlalu lama.
  • Gorong-gorong PVC. Terbuat dari pipa PVC/ pipa plastik dengan destiny tinggi. Gorong-gorong PVC ini lebih sering dipakai untuk saluran dengan ukuran kecil yang  tidak memerlukan tekanan beban besar.

Gorong-gorong menjadi bangunan drainase bawah permukaan tanah yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya keberadaannya harus dipelihara secara berkala agar manfaat dari gorong-gorong tetap terjaga. Salah satu upaya pemeliharaan gorong-gorong, biasanya dibuat manhole (lubang manusia) dipermukaan sebagai akses petugas masuk ke saluran bawah tanah. Agar ekonomis ukuran manhole dibuat sekecil mungkin, yang penting dapat dimasuki oleh orang dewasa. Manhole ini juga harus dilengkapi tutup manhole atau manhole cover dari cast iron (besi cor) agar tidak pengguna jalan tidak terperosok ke dalam gorong-gorong.

Selain itu, untuk meningkatkan tingkat penyerapan air tanpa perlu mengorbankan banyak lahan. Maka biasanya dilakukan pemasangan grill cover dan grating di permukaan tanah/ jalan. Agar air hujan dapat langsung ditangkap dan dialirkan ke gorong-gorong di bawahnya.

Penyuplai komponen penunjang drainase/ gorong-gorong jalan

Kami – Fatma Karya Indah merupakan pengecoran logam yang telah berpengalaman memproduksi berbagai macam kebutuhan tata kota dan sistem drainase perkotaan. Produk-produk yang kami produksi pun selalu menggunakan material yang berkualitas dan telah melewati proses quality control yang tinggi. Sehingga beberapa produk unggulan kami seperti manhole cover, grill tangkapan air, dan grating memiliki kualitas yang tinggi pula. SIlahkan hubungi kontak kami sekarang juga dan konsultasikan segala kebutuhan anda!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *