Ingin memesan manhole cover dari produsen/ pabrikan? Kenali terlebih dahulu jenis-jenis manhole cover yang berikut ini agar dapat menentukan spesifikasi yang tepat!

Manhole cover atau lebih dikenal dengan sebutan penutup lubang gorong-gorong/ got adalah sebuah alat yang berfungsi menutupi lubang gorong-gorong terbuka untuk alasan keamanan yang mencegah siapapun (atau apapun) masuk dan/atau jatuh ke dalam utilitas lubang gorong-gorong. Disadari atau tidak, benda ini sering kita lalui di jalanan/ trotoar, atau lokasi lain di daerah perkotaan. Namun, kita mungkin tidak pernah memikirkan betapa pentingnya penutup lubang gorong-gorong ini. Jenis penutup ini juga menjadi akses pekerja ke lubang got atau ruang bawah tanah lainnya dengan aman dan terjamin untuk tujuan pemeliharaan.

Manhole cover sendiri hadir dengan spesifikasi yang beragam dan perkembangan teknologi yang semakin pesat sering memunculkan dobrakan baru di industri manufaktur manhole cover. Apa saja spesifikasi manhole cover ini? Untuk mengetahui jawabannya mari mengenal jenis-jenis manhole cover tutup lubang got/ gorong-gorong berikut ini:

Berdasarkan material

Manhole cover cenderung dibuat dari bahan-bahan yang kuat dan berat. Hal ini untuk membantu menjaganya tetap di tempatnya saat pejalan kaki maupun kendaraan melewatinya. Dan juga untuk mempersulit orang yang tidak berwenang mengangkatnya tanpa alat yang sesuai. Berdasarkan bahan atau materialnya, spesifikasi manhole cover ini bisa dibedakan menjadi:

  • Manhole cover beton cor. Sesuai dengan namanya, manhole cover beton cor terbuat dari material beton yang biasanya terdiri atas semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar). Bahan-bahan tersebut dicampur dengan perbandingan tertentu tergantung kekuatan tertentu yang ingin dihasilkan pula. Pada umumnya, manhole cover beton cor ini dicetak di pabrik dan dilakukan instalasi di lapangan (beton precast).
  • Manhole cover besi cor. Sementara manhole cover besi cor adalah tutup lubang got yang terbuat dari material logam pilihan dengan proses pengecoran logam. Proses pembuatan manhole cover besi cor ini lebih kompleks daripada pembuatan manhole cover beton cor. Hal ini dikarenakan material logam besi cor memiliki lebih banyak tahapan produksi. Seperti pembuatan pola, pembuatan cetakan, peleburan logam, penuangan logam cair ke dalam cetakan.

Baik manhole cover beton maupun besi cor sama-sama mampu menghasilkan manhole cover yang kuat dalam menahan beban yang melintasinya. Hanya saja, dari segi ketahanan terhadap perubahan cuaca yang ada di Indonesia. Manhole cover besi cor lebih menawarkan ketahanan yang lebih tinggi sehingga bisa dibilang lebih awet. Sedangkan karena pengaruh cuaca, manhole cover beton cenderung mudah retak dan keropos.

Berdasarkan bentuk

Spesifikasi manhole cover juga dapat dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu terdiri dari:

  • Manhole cover bulat. Manhole cover bulat atau lingkaran adalah manhole cover yang digunakan untuk menutup permukaan lubang got yang berbentuk lingkaran pula. Perlu diketahui, bahwa semua tekanan pada benda berbentuk lingkaran akan terdistribusi secara merata ke seluruh area permukaan. Hal ini menjadikan manhole cover bulat memiliki kemampuan menahan beban yang tinggi sehingga banyak digunakan untuk proyek pemasangan manhole cover area jalan raya.
  • Manhole cover kotak. Jika permukaan lubang got dibuat memiliki bentuk persegi, maka manhole cover kotak ini menjadi pasangannya. Pemasangan manhole cover kotak ini lebih sering kita jumpai di area trotoar maupun taman karena memiliki tingkat ketahanan terhadap tekanan yang lebih rendah daripada manhole cover bulat. Untuk tutup manhole berbentuk persegi, terdapat kemungkinan beberapa sudut/ siku saja yang akan berperan sebagai titik beban utama. Atau dengan kata lain tekanan terdistribusi secara tidak merata. Hal ini dapat menyebabkan beberapa bagian sudut cepat aus dan mudah retak sehingga cocok untuk dipasang pada area tidak dilalui kendaraan berat.

*Klasifikasi manhole cover tutup gorong-gorong yang akan dibahas pada poin selanjutnya dibawah ini merupakan jenis-jenis/ spesifikasi manhole cover yang terbuat dari bahan besi cor.

Berdasarkan tingkat kekuatan

Tingkat kekuatan menjadi salah satu spesifikasi terpenting yang harus diperhatikan ketika memilih manhole cover. Tingkat kekuatan manhole cover ini disesuaikan dengan potensi beban yang akan menimpa manhole cover. Berdasarkan hal tersebut, manhole cover dapat dibedakan menjadi:

  • Light duty. Manhole cover light duty atau kelas ringan adalah spesifikasi kekuatan manhole cover yang paling rendah. Saat ini kelas ringan manhole cover ini sudah jarang digunakan dalam proyek.
  • Medium duty. Ada juga manhole cover medium duty atau kelas menengah. Inilah spesifikasi manhole cover yang cocok untuk proyek trotoar, sanimas, jalan sekitar pemukiman, jalan dalam kota, dsb. Tingkat kekuatannya sangat mumpuni untuk menahan beban pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil-mobil berukuran kecil hingga sedang seperti mobil keluaran,mobil pick up, dll.
  • Heavy duty (kelas berat). Terakhir, manhole cover heavy duty atau kelas berat yang sering digunakan di area jalan arteri, jalan kolektor, pelabuhan, dan bandara. Manhole cover jenis memiliki tingkat kekuatan yang sangat tinggi untuk menahan beban yang tinggi truk-truk kontainer, truk tangki BBM, hingga pesawat terbang.

Berdasarkan komponen keamanan

Spesifikasi komponen penunjang keamanan manhole cover juga menambah variasi jenis manhole cover yang ada.

  • Manhole cover berengsel. Manhole cover berengsel adalah manhole cover yang bagian frame (kerangka/ bingkai) dan cover (tutup) manhole cover dibuat menyatu menggunakan engsel atau pengait. Hal ini bertujuan agar bagian frame dan cover tidak terpisahkan. Hal ini memungkinkan petugas untuk membuka tutup manhole cover secara lebih mudah dengan hanya mengangkat salah satu bagian sisi layaknya membuka pintu.
  • Manhole cover tanpa engsel. Pada manhole cover jenis ini diproduksi dan dipasang dengan tidak menggunakan komponen engsel. Jadi, tanpa adanya pengait antara tutup dengan frame manhole cover ini mengharuskan petugas mengangkat manhole cover dari dua bagian sisi untuk bisa membuka lubang got.

Berdasarkan gaya desain

Kita juga dapat menentukan spesifikasi manhole cover yang tepat dengan memperhatikan aspek gaya desainnya. Berdasarkan gaya desain, manhole cover dapat dibedakan menjadi:

  • Manhole cover standard. Manhole cover standard umumnya memiliki gaya desain yang akan membuat kebanyakan orang awam lihat sebagai lempengan besi hitam biasa di jalan, tidak memiliki daya tarik lainnya. Pada umumnya, gaya desain manhole cover yang satu ini tampil dengan satu warna. Dan memiliki pola desain pada permukaan tutupnya berupa garis-garis atau bahkan polos.
  • Manhole cover dekoratif. Manhole cover dekoratif adalah manhole cover yang memberikan keunggulan fungsional dan estetika lingkungan. Manhole cover ini sering dipilih oleh instansi pemerintahan untuk meningkatkan tata kota yang lebih menarik dan ikonik. Permukaan tutup manhole seakan menjadi kanvas untuk menunjukkan keterampilan artistik. Mulai dari tulisan, logo, ikon, hingga gambar ilustrasi-ilustrasi lain bisa dimuat di permukaan tutup manhole.

Itulah jenis-jenis manhole cover tutup gorong-gorong yang bisa dijadikan sebagai panduan dalam penentuan spesifikasi manhole cover yang tepat untuk kebutuhan proyek Anda. Semoga bermanfaat!

Dan apabila Anda sedang mencari produsen manhole cover berkualitas tinggi dan terpercaya, maka jangan beranjak dari website ini. Karena kami – Fatma Karya Indah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengecoran logam. Sejak berdiri pada tahun 1995, kami senantiasa mempersembahkan berbagai produk coran termasuk manhole cover yang sangat berdaya saing.

Kami siap menjadi mitra dan ikut andil dalam kesuksesan proyek/ program pemasangan manhole cover Anda. Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang juga!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *