Setelah sebelumnya kami telah sajikan pembahasan mengenai perbedaan manhole cover jalan, pedestrian dan sanitasi (berdasarkan lokasi penempatan). Selanjutnya pada artikel ini kami akan bahas berdasarkan kelasnya. Kelas manhole cover sendiri merupakan sebutan untuk tingkatan/ level kualitas manhole cover yang terdiri dari 3 tingkatan. Yaitu light duty (kelas ringan), medium duty (kelas menengah), dan heavy duty (kelas berat). Dari ketiga kelas tersebut, manhole cover light duty terbilang jarang digunakan. Oleh karenanya, kami hanya akan menyajikan perbedaan manhole cover heavy duty dan medium duty saja.

Perbedaan manhole cover heavy duty dan medium duty secara kasat mata mungkin tidak bisa anda ketahui secara langsung. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup menonjol. Yaitu:

Pertama, segi bahan baku

Perbedaan pertama terletak di jenis bahan baku yang digunakan. Untuk manhole cover heavy duty biasanya terbuat dari material ductile iron yang mana material ini merupakan jenis cast iron (besi cor) grade paling tinggi. Sedangkan untuk manhole cover medium duty terbuat dari material cast iron pada umumnya.

Kedua, tingkat kekuatan

Karena ada perbedaan kualitas bahan baku, maka secara otomatis kualitas manhole cover dari segi tingkat kekuatan pun akan berbeda pula. Manhole cover heavy duty yang terbuat dari material grade atas tentu akan memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada manhole cover medium duty.

Ketiga, jenis proyek/ lokasi pemasangan

Adanya perbedaan material untuk menghadirkan tingkatan kekuatan yang berbeda tentu bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan jenis proyek/ lokasi pemasangan manhole cover. Manhole cover heavy duty yang memiliki tingkat kekuatan tinggi dirancang untuk pengaplikasian di area yang dilewati kendaraan-kendaraan besar sehingga manhole cover mampu menahan beban tonase yang berat tanpa mengalami kerusakan unit.

Sementara itu, manhole cover kelas medium lebih sesuai untuk penggunaan di area yang dilewati kendaraan ringan. Seperti pada proyek trotoar, area perumahan, perkantoran, dan proyek sanitasi/ sanimas.

Terakhir, dari segi harga

Dari ketiga perbedaan sebelumnya, maka dapat diketahui bahwa manhole cover heavy duty memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada medium duty. Dengan kualitas yang lebih baik tentu harga manhole cover heavy duty menjadi lebih mahal.

Itulah beberapa perbedaan manhole cover heavy duty dan medium duty. Semoga dapat membantu anda dalam dalam menentukan spesifikasi manhole cover yang tepat sesuai kebutuhan proyek anda.

Dan jika anda sedang membutuhkan produk manhole cover type medium atau heavy duty ini jangan ragu mempercayakannya kepada kami. Pasalnya, kami sendiri merupakan produsen manhole cover terbaik yang berpengalaman bekerja sama sebagai supplier, mitra bisnis, atau mitra pemerintah daerah dalam pengadaan manhole cover. Silahkan konsultasikan kebutuhan anda sekarang juga dengan klik 0812-2630-238!

No comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *